Emotion

Rabu, 11 Mei 2011

Ramuan Herbal untuk Rematik

    1. Ramuan I

Bahan-bahan
Setengah genggam daun gandarusa, lima lembar daun kecubung ulung, lima jari lempuyang emprit, dua jari bangle, tiga jari jahe, dan seperempat gelas beras.


Cara membuat
Rendam beras dalam air selama tiga jam. Semua bahan dicuci dan ditumbuk bersama dengan beras hingga lembut. Campuran bahan yang telah ditumbuk ini bisa digunakan sebagai parem.

Cara memakai
Oleskan di bagian yang sakit hingga rasa sakitnya berkurang atau hilang.

    1. Ramuan II

Bahan-bahan
Setengah genggam daun kumis kucing, tiga batang pohon meniran beserta akarnya, dua jari jahe, dan tujuh lembar daun murbei yang setengah tua.

Cara membuat
Semua bahan dicuci bersih. Jahe dikupas dan dimemarkan. Rebus semua bahan dengan lima gelas air dan biarkan airnya sampai tersisa tiga gelas. Setelah itu, airnya didinginkan dan disaring.

Cara memakai
Diminum tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum. Jika dikonsumsi secara teratur, dalam waktu dua minggu, gejala rematik sudah bisa mereda.

    1. Ramuan III

Bahan-bahan
Lima belas gram jahe merah, tiga puluh gram akar beluntas, dan dua puluh gram temulawak.

Cara membuat
Semua bahan ramuan dicuci hingga bersih. Lalu direbus dengan 600 ml air hingga tersisa 300 ml saja. Air rebusannya disaring.

Cara memakai
Diminum dua kali sehari secara teratur, diminum selagi hangat.

    1. Ramuan IV

Bahan-bahan
Satu sendok teh ramuan mahkota dewa instan.

Cara membuat
Ramuan mahkota dewa instan berbahan baku bagian kulit dan daging buah mahkota dewa yang sudah benar-benar matang, direbus dengan air secukupnya, lalu air rebusannya ditambahkan gula agar rasanya tidak pahit. Biarkan terus campuran tersebut di atas api yang kecil, hingga tidak berbusa lagi. Setelah itu, diaduk-aduk sampai campuran mengkristal dan kering. Ayak kristal yang sudah dingin. Kristal yang masih berukuran besar ditumbuk hingga halus.

Cara memakai
Kristal yang sudah halus diseduh dengan air panas. Diminum dua kali sehari selama satu bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar